Entri Populer

Jumat, 16 September 2011

Mengatasi Grogi

Bissmillahirrohmaanirrohiym...
Lama rasanya tidak menulis, padahal dulu saya termasuk hoby untuk menulis,meskipun nulisnya cuma dikertas orat-oret saja, kemudian setelah saya baca kembali biasanya langsung saya musnahkan.
Sayang ya, seharusnya setiap tulisan dikumpulkan hingga menjadi lembar-lembar sejarah, ya paling tidak suatu saat bisa dibaca kembali, siapa tahu ada kasus yang agak mirip dengan yang pernah dialami. Tapi biasanya saya menulis saat ingin melupakan sesuatu, jadi ya setelah ditulis langsung dimusnahkan, lega rasanya setiap kali melakukan itu, serasa memindahkan penat yang ada di dalam hati ke lembaran-lembaran kertas kemudian dapat dengan mudah dihancurkan, atau kadang sebelum dimusnahkan saya lebih senang menuliskan solusi di bagian bawahnya, setiap kali melakukan itu rasanya pola berfikir saya lebih tersusun rapi.

ups,,kuk malah curhat tentang tulisan,hihihi
tadi setelah baca pertanyaan sahabat saya yang di LDK tentang cara mengatasi grogi jadi tertarik untuk menulis pengalaman seputar mengatasi grogi.

Grogi itu dapat diartikan suatu perasaan yang membuat seseorang yang megalaminya menjadi tidak nyaman, reaksinya bermacam-macam ada yang keringat dingin, ada yang gemetaran, ada yang serasa ingin ke kamar kecil terus, ada juga yang jantungnya berdebar-debar dan berdetak lebih kencang, pokoknya macam-macam lah. Itu semua adalah akibat/respon yang terjadi karena munculnya perasaan grogi.

Penyebab grogi pun bermacam-macam, mulai dari tidak terbiasa tampil di depan umum, tidak memiliki kesiapan yang cukup untuk tampil di depan umum, kurangnya pengetahuan, merasa minder, takut salah, takut jadi konyol, banyak lagi alasan yang lain, setiap orang memiliki alasan masing-masing.

Kita udah ngebahas apa itu grogi, kemudian penyebab grogi, nah sekarang yang perlu dibahas lagi adalah kiat-kiat mengatasi grogi, simak yuk...
1. Mengelola perasaan grogi
   
Apapun jenis reaksi grogi yang sahabat rasakan, tetaplah berfikir bahwa itu adalah suatu energi yang luar biasa yang ada di dalam diri kita. Jadi tidak ada yang salah, yang perlu kita lakukan adalah menyalurkan energi itu hingga menjadi pemacu bagi kita untuk tampil maksimal.
2. Jangan takut melakukan kesalahan

    Biasanya sebelum kita tampil dimuka umum, ada beban tersendiri di dalam diri kita yaitu takut melakukan kesalahan. Padahal sesungguhnya dengan adanya perasaan grogi yang kita pelihara itu yang rentan bagi kita untuk melakukan kesalahan. Jangan pernah takut gagal, yang penting kita selalu berusaha dan berdo'a untuk melakukan yang terbaik, satu helai daun yang jatuh saja udah diatur sama Allah, apalagi mengenai kesuksesan dan kegagalan kita tentu saja selalu ada campur tangan Allah.

3. Tenangkan diri
   Cara menenangkan diri yang sudah sangat kita kenal yaitu dengan tarik nafas dalam-dalam, keluarkan lambat-lambat. Tenangkan pikiran dan emosi. Bila perlu pejamkan mata.

4. Atur intinasi bicara
    Berbicara keras dan lantang adalah salah satu cara yang dapat mengurangi rasa grogi. Bila sahabat berbicara lambat, maka bibir akan semakin gemetar, suara pun ikut bergetar.
5. Senyum
     Biasanya kalo lagi tampil di depan umum saya usahakan selalu senyum. Buat orang lain merasa senang dan memperhatikan kita, dengan begitu kita lebih mudah menguasai audiens.



Semoga bermanfaat. Menurut saya cara yang paling ampuh untuk mengatasi grogi yaitu dengan menerapkan peribahasa yang udah ada sejak jaman bahelak "ala bisa karena biasa"

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar